Berbagi pengetahuan adalah kegiatan melalui pengetahuan (yaitu informasi , keterampilan , atau keahlian ) dipertukarkan antara orang-orang, teman , atau anggota dari suatu keluarga
Organisasi telah mengakui bahwa pengetahuan merupakan aset tak berwujud
yang berharga untuk menciptakan dan mempertahankan keunggulan
kompetitif.
1 Pengetahuan kegiatan berbagi umumnya didukung oleh sistem manejemen pengetahuan .Namun, teknologi merupakan hanya salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi berbagi pengetahuan dalam organisasi, seperti budaya organisasi , kepercayaan , dan insentif .
2 Berbagi pengetahuan merupakan tantangan utama dalam bidang manajemen pengetahuan karena beberapa karyawan cenderung untuk menolak berbagi pengetahuan mereka dengan seluruh organisasi.
Salah satu kendala menonjol adalah gagasan bahwa pengetahuan adalah milik dan kepemilikan demikian sangat penting.
3
Dalam rangka untuk melawan ini, individu harus diyakinkan bahwa mereka
akan menerima beberapa jenis insentif bagi apa yang mereka ciptakan. Namun, Dalkir (2005 ) mengidentifikasi risiko dalam berbagi pengetahuan
adalah bahwa individu-individu yang paling sering dihargai untuk apa
yang mereka ketahui, bukan apa yang mereka berbagi.
Jika pengetahuan tidak dibagi, konsekuensi negatif seperti isolasi dan resistensi terhadap ide-ide terjadi. Pengetahuan bersama menawarkan sudut pandang yang berbeda dan solusi yang mungkin untuk masalah.
Untuk mempromosikan berbagi pengetahuan dan menghilangkan hambatan
berbagi pengetahuan, budaya organisasi harus mendorong penemuan dan
inovasi. Hal ini akan menghasilkan dalam penciptaan budaya organisasi.
itulah yang saya dapatkan di SMAN 8 TANGERANG.
itulah yang saya dapatkan di SMAN 8 TANGERANG.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar